5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Perawatan AC Mobil

Salah satu fitur yang sangat diperlukan dalam sebuah mobil untuk menjaga kenyamanan si pengemudi maupun penumpang adalah AC. Oleh sebab itu, service AC mobil merupakan hal wajib diagendakan dalam kegiatan perawatan mobil. Dengan melakukan ini tugas merawat AC mobil akan menjadi lebih ringan.

Tidak sedikit orang yang mengabaikan perawatan AC mobil karena merasa bagian tersebut tidak terlalu penting untuk di-service berkala. Padahal anggapan ini sangat salah. Tanpa perawatan yang rutin dan intensif, maka AC mobil akan seringkali bermasalah.

Hal Penting dalam Merawat AC Mobil

Untuk Anda yang sudah menyadari pentingnya merawat AC mobil, berikut 5 hal penting yang bisa dilakukan dalam menjaga performa AC mobil Anda:

1. Mencegah Lebih Baik

Mencegah lebih baik daripada mengobati tidak hanya berlaku di dunia kesehatan saja. Dalam perawatan mobil hal ini juga krusial. Sebab tanpa perawatan yang baik akan menyebabkan kerusakan sehingga Anda harus mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan atau penggantian sparepart.

Oleh sebab itu, memiliki jadwal rutin menservice AC mobil merupakan hal penting untuk dilakukan. Paling tidak 3 bulan sekali lakukan perawatan pada AC mobil.

2. Bersihkan Kabin dari Kotoran dan Debu

Kebersihan merupakan hal yang harus dijaga agar filter AC mobil tidak bekerja secara berlebihan dalam menyaring debu. Utamanya, jaga kebersihan lantai. Usahakan untuk membersihkan debu dari lantai atau karpet mobil dan jangan membuang sampah di dalam mobil.

Meski demikian, Anda tidak boleh mengeluarkan sampah begitu saja dari mobil melalui jendela. Selalu sediakan bak sampah di dalam mobil.

3. Pemilihan Parfum Mobil

Menjaga agar kabin mobil selalu wangi juga merupakan hal penting. Anda bisa melakukannya dengan menyediakan parfum di dalam kabin. Namun, berhati-hatilah dalam pemilihan parfum mobil.

Usahakan untuk tidak memilih pewangi berbahan gel karena bahan ini tidak bagus untuk filter AC mobil. Pasalnya, ketika parfum kembali mendingin akan kembali ke bentuk asalnya yaitu gel dan akan membuat filter bekerja lebih keras saat menyaring udara. Sebaiknya gunakan parfum botol cair atau bentuk padat (bukan gel) sebagai pewangi mobil.

4. Mencuci Mobil Secara Teratur

Salah satu hal yang dapat mencegah Anda melakukan service AC mobil karena kerusakan berat adalah dengan rajin membersihkan mobil. Ketika mencuci mobil bukalah kap mesin dan semprotkan air dengan tekanan tinggi ke bagian kondensor AC. Hal ini akan membuat kotoran dan debu luntur sehingga tidak mengeras serta menyebabkan keropos.

5. Tempat Memarkir Mobil

Selain itu, perhatikan juga tempat memarkir mobil. Pilih tempat parkir dengan pelindung atap jika berencana memarkir dalam waktu lama. 

Dengan mengetahui hal-hal penting dalam merawat AC mobil, Anda akan bisa menjaga keawetannya sehingga tidak perlu membayar biaya perbaikan yang mahal. Catatan penting bagi pemilik mobil, yaitu jangan malas apalagi sampai pelit mengeluarkan biaya untuk service AC mobil rutin. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini