Tips Packing Untuk Menghemat Biaya Pengiriman

Pengirim harus dapat memastikan barang sampai ke penerima dengan selamat dan tidak ada cacat. Packing yang tepat harus anda lakukan untuk memastikan barang yang anda kirim sampai dengan selamat. Apalagi untuk ekspor indonesia ke thailand.

Berlebihan dalam hal penggunaan barang material

Pada gambar di atas, coba hitung berapa banyak lakban yang harus digunakan untuk melindungi barang dari benturan. Penggunaan lakban yang boros harus dipertimbangkan dalam biaya Anda. Jangan sampai margin keuntungan Anda berkurang karena tidak mempertimbangkan penggunaan material.

Berlebihan dari segi dimensi barang

Perlu Anda ketahui bahwa semua jasa pengiriman menerapkan berat barang yang sebenarnya dan berat volume / dimensinya. Dimana diantara keduanya akan diambil nilai yang paling besar. Nah, jika Anda melakukan cara mengemas barang di atas yang sebenarnya kecil dan beratnya tidak lebih dari 0,5 kg, maka Anda berisiko dikenakan biaya 2 - 3 Kg lebih tinggi. 

Misalnya, Anda sedang mengemas Smartphone. Karena memperhatikan aspek keamanan, Anda harus membungkusnya dengan banyak busa, koran dan menutupinya dengan lakban berlapis.

Sebenarnya tidak perlu terlalu ekstrim seperti itu dalam mengemas saat pengiriman. Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana dari Rayspeed Asia dalam pengemasan.

Gelembung Plastik

Harap bungkus barang yang akan Anda kirim dengan plastik gelembung sebanyak tiga kali.

Kardus

Masukkan barang yang sudah dibungkus gelembung plastik ke dalam kotak karton yang sesuai dengan ukurannya. Tutup rapat dengan lakban / lakban pada bagian yang rawan terbuka. Seperti gambar dibawah ini. Dengan ukuran tetap seperti gambar di bawah ini, Anda akan terhindar dari pengisian yang berlebihan.

Plastik Pembungkus / Plastik Wrap

Fungsi pembungkus plastik ini adalah untuk menutupi bagian luar karton agar tidak basah. Tutupi dengan 2-3 lapis.

Peti Kayu (Opsional / opsional)

Jika ingin mengirim sepeda, barang elektronik yang peka benturan atau barang pecah belah, biasanya Rayspeed Asia akan menawarkan terlebih dahulu kepada pengirimnya apakah barang tersebut mau dikemas dengan kayu atau tidak.

Sangat mudah bukan? Dengan metode pengepakan di atas, Anda akan terhindar dari kesalahan perhitungan biaya dimensi. Kalau dengan packing simple tapi terjamin keamanannya seperti diatas, anda masih ragu. Nah, itu artinya Anda harus bijak dalam memilih jasa pengiriman yang memperlakukan barang Anda dengan hati-hati. Karena tidak ada gunanya jika barang sudah dikemas dengan aman jika Shipping Service menangani secara kasar, misalnya jika barang dibuang ke truk, barang sudah ditempati, dan lain sebagainya.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini