Jangan Asal Pilih Air Kemasan, Cek Caranya disini!

Air merupakan sumber kehidupan dan sangat penting bagi tubuh kita. Orang dewasa butuh minum sekitar 2 liter air per hari untuk tetap sehat. Pastinya kamu termasuk yang memilih air minum dalam kemasan atau sering juga disebut air mineral sebagai sumber utama konsumsi air minum, karena dinilai tidak perlu lagi dimasak sehingga dirasa lebih praktis [1].

Meski begitu, kamu harus berhati-hati, tidak semua air minum kemasan memiliki kualitas yang baik dan layak minum. Jadi, kamu perlu lebih cermat dalam memilih air kemasan. Agar nantinya tidak timbul penyakit karena mengkonsumsi air yang sudah tercemar.

Yuk, cek lima hal berikut untuk memastikan keamanan dan kemurnian air minum yang baik pada kemasan.

Cek sumber airnya

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah sumber airnya karena sumber air menjadi poin yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan saat memilih air minum dalam kemasan.

Air mineral yang berkualitas baik berasal dari sumber air bawah tanah atau mata air pegunungan yang mengandung mineral alami. Seperti namanya, air mineral mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti kalsium, kalium, natrium, fluoride, dan magnesium.

Dengan begitu, minum air dari mata air alami tak hanya membuat kebutuhan cairan kamu pasti terpenuhi tetapi juga membuat kamu tetap sehat [2].

Cek warna, rasa, dan bau airnya

Air yang aman dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna atau terlihat jernih dan juga tidak berbau serta tidak memiliki rasa. Jika kamu melihat warna kecoklatan pada air dalam kemasan yang dibeli dan berbau tidak sedap kemungkinan besar air tersebut sudah terkontaminasi kuman atau bahan kimia berbahaya. Jadi, stop! mengonsumsinya [3].

Cek kemasannya

Kemasan juga menjadi salah satu tanda penting bahwa produk yang kamu beli masih terjamin keasliannya. Pastikan kemasan air minum dalam kondisi baik, tidak bocor, dan masih tersegel dengan rapat. Kemasan yang rusak bisa menandakan produk tersebut sering terpapar suhu panas dalam jangka waktu lama atau bahkan terpapar zat kimia berbahaya, sehingga kualitas air dan keamanannya tidak lagi terjamin [3].

Pilihlah produk dengan kemasan yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan ramah lingkungan seperti VIT yang sudah yang sudah terjamin kualitasnya di Indonesia selama 48 tahun. Air mineral VIT telah mendapatkan sertifikat Halal dan SNI oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), selain itu VIT telah melalui proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat, memastikan air yang kamu minum sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan [4].


Cek masa kedaluwarsa

Terakhir, poin penting lainnya yang juga tak boleh diabaikan saat membeli air minum kemasan adalah tanggal kadaluarsanya. Air yang sudah terlalu lama dalam kemasan mungkin saja sudah menurun kualitasnya dan tidak layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, hindari membeli air minum kemasan yang sudah mendekati atau melewati tanggal kadaluarsa [3].

Memenuhi kebutuhan cairan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Agar asupan air cukup, Ingat! Anjuran untuk mengkonsumsi air mineral setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap hari. Bila kamu banyak berkeringat saat beraktivitas, minumlah air dalam jumlah yang lebih banyak agar kamu tidak mengalami dehidrasi.

Agar praktis, sediakan selalu air minum VIT di rumah kamu ya! 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label